Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

Pakar pendidikan berbasis nilai (Value-based Education) Dr. Neil Hawkes mengatakan para guru seharusnya bisa menjadi motivator bagi siswanya dan bukan hanya berperan sebagai pendidik.

“Guru adalah pahlawan masyarakat. Dampak dari pekerjaan yang dilakukan guru tidak terukur,” ujar Neil dalam konferensi tahunan HighScope Indonesia ke-12 yang mengusung tema “Empowering Future-Ready Citizens with Concepts, Skills, and Values”, yang diselenggarakan mulai Kamis (6/10/2022).

Neil mengatakan, guru juga menjadi sosok yang menginspirasi siswa dalam perjalanan hidupnya. Oleh karena itu, seorang guru tidak hanya menjadi seorang pendidik, tetapi juga motivator bahkan komentator sosial.

Sementara itu, pakar desain kurikulum Dr. Heidi Hayes Jacobs mengatakan, satu hal yang terlihat jelas, adalah seberapa besar siswa membutuhkan guru mereka. Sekarang adalah waktunya untuk menginspirasi siswa, dan sekolah di mana anda mengajar telah dirancang untuk melakukan itu, untuk mencari solusi baru, untuk menerima peluang baru.

“Para guru perlu menginspirasi siswa. Guru juga dapat menjadi seseorang yang inovatif dalam memberikan pembelajaran di sekolah,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Iwan Syahril, menyambut baik konferensi tahunan tersebut.

“Kami sangat merasa terhormat untuk dapat mengundang pakar pendidikan yang diakui secara global sebagai pembicara dalam Konferensi Tahunan HighScope Indonesia ke-12 ini. Untuk berbagi wawasan dan pengalaman mereka, membuka dialog dan menjawab pertanyaan dari para guru kami dan hadirin lainnya yang penuh semangat.”

Sumber Artikel.