Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

Berakhirnya diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berjenis LCGC atau Low Cost Green Car membuat beberapa kendaraan Daihatsu akan mengalami penyesuaian harga.

Dua model LCGC andalan Daihatsu, yakni Ayla dan Sigra akan mengalami penyesuaian harga dengan rentang harga mulai Rp 2,2 juta – Rp 3 juta.

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman, mengatakan kenaikannya masih belum dilakukan, tetapi akan segera akan diinformasikan nantinya.

“Sampai saat ini belum bisa kita sampaikan, kita masih melihat beberapa faktor, terlebih secara demand masih banyak,” tutur Rudy dalam acara Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar 2022 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2022).

Penyesuaian harga akan segera disampaikan ke masyarakat, saat ini ADM masih menganalisa dampak dari berakhirnya insentif PPnBM LCGC tersebut.

“Kita masih menganalisa dampaknya seperti apa terhadap market dan daya beli masyarakat seperti apa, impact-nya, selain dari hitungan kita sendiri” jelasnya.

Sebagai informasi, PPnBM LCGC diberikan pemerintah sejak awal 2022, dimana dibagi menjadi tiga tahapan, yakni sebesar 100 persen, 66,66 persen dan 33,33 persen.

Secara rinci, PPnBM yang dibayarkan konsumen yang membeli mobil jenis LCGC pada kuartal pertama tidak membayarkan pajak tersebut alias nol persen.

Lalu pada kuartal kedua pajaknya hanya dibayar 1 persen dan kuartal ketiga 2 persen. Sedangkan pada kuartal keempat PPnBM LCGC kembali normal sebesar 3 persen.

Sumber Artikel.